Modul Literasi Digital hasil kolaborasi Japelidi, Siberkreasi, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika ini merupakan sebuah ikhtiar untuk membangun pondasi pendidikan literasi digital di Indonesia.

Salah satu masalah pendidikan dan sosialisasi tentang literasi digital di Indonesia adalah belum adanya panduan baku yang bisa menjadi pondasi pengajaran. Selama ini sosialisasi literasi digital dilakukan secara sporadis oleh berbagai organisasi dan orang yang peduli. Hal ini bagus sebenarnya karena gerakannya muncul dari akar rumput. Namun tanpa adanya sebuah pondasi yang bisa dijadikan acuan baku, maka arah gerakannya menjadi simpang siur. 

Untuk mempermudah penggunaan, kami membagi modul ini ke dalam empat tema besar: Cakap Bermedia Digital, Budaya Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Aman Bermedia Digital. Setiap modul disusun oleh tim penulis dari berbagai universitas di Indonesia. Secara keseluruhan ada 22 penulis, peneliti, dan akademisi yang fokus pada bidang literasi digital yang bergabung dan bersama-sama menyusun modul literasi digital ini.

Modul ini disusun bukan sebagai panduan wajib, sifatnya adalah sebuah panduan yang bisa digunakan oleh masyarakat awam maupun praktisi dan akademisi. Tentu saja masih banyak yang perlu diperbaiki dari modul ini yang akan terus diperbaiki secara berkala. Modul ini dapat diakses gratis di literasidigital.id